Wednesday, January 8, 2020

Hati–Hati! Pengalaman Kena Tipu Transfer Palsu Pembeli Online


Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman kena tipu pembeli online dengan mengirimkan bukti transfer palsu. Jadi disini saya sebagai penjual ya gan/sist. Ok mulai ke cerita dari awal dulu ya, jadi sekitar awal maret 2019 udah mulai jualan online tepatnya di platform media sosial Instagram. Ya coba coba aj dulu sih, tapi punya keyakinan pasti bakal ada yang order 1 atau 2 mah.


Mulailah merintis berjualan kemeja, koko, qurta, kaos dsb. Untuk yang pengen tau lebih jelas silahkan follow @kemeja_gallery.id. Real yah gan/sist no tipu2, hehe. Atau kalau mau jadi reseller atau dropship silahkan baca juga Cara Mudah Mendapatkan Uang dengan Jadi Dropshipper atau Reseller

Kembali ke laptop, setelah beberapa bulan ke depan masuk orderan walaupun belum banyak, bisa dikatakan seminggu ada 2 orang yang order atau bahkan ga ada sama sekali jadi sebulan bisa ya di bawah 10 orderan. Lanjut, nah di awal yang order lancar lancar aja transfer masuk terus dan langsung diproses dan dikirim di hari yang sama.

Namun, pada suatu hari di saat yang sama ada 3 orang yang order masuk dan ketiga udah transfer semua dengan melampirkan bukti transfer. Udah seneng duluan waktu itu, tapi pas dicek kok total transfernya ga sesuai yang diperkirakan sebelumnya yang udah di total dari 3 order tadi.

Mulailah agak curiga yang mana yang belum transfer. Salahnya waktu itu saya belum pake internet banking, jadi cek transfer masuk/saldo harus ke atm. Maklum dulu masih pemula, hehe. Nah mulai bingung nih, siapa yang belum transfer. Mulai cek lagi chat mana yang agak mencurigakan dari ketiga itu.

Singkat cerita saya memutuskan untuk tidak mengirimkan pesanan (order) yang agak mencurigakan dari kiriman bukti transfer. Namun, ternyata oh ternyata saya salah mengirimkan paket, justru yang dikirimkan pesanan yang melampirkan bukti transfer palsu. Nyesel dah, kurang hati2. Ok lanjut, mulai cari tahu searching google bagaimana cara melihat rincian history transfer terbaru di atm. Dan ternyata ada caranya, nyesel lagi kenapa ga dari tadi ada ide nyampe kesitu.

Mulailah balik lagi ke atm untuk cek siapa yang belum transfer. Ternyata ketahuan sudah siapa yang belum transfer. Berikut bukti lampiran transfer palsu yang dikirimkan pembeli:



Dari gambar itu memang terlihat ada sedikit agak mencurigakan yaitu ada bagian yang terhapus. tapi ya namanya kurang hati hati ya begitulah kejadiannya. 
















Leave a Reply