Tuesday, January 14, 2020

Cara Mudah Mengatur Ukuran Header/Judul Blog Terbaru




Untuk blogger pemula yang baru membuat akun di blogspot tampilan header pada blog cenderung berbetuk tampilan besar. Karena memang pada dasarnya tampilannya sendiri merupakan bawaan dari blogger. Bagi saya sendiri tampilan sebesar itu terkesan mengganggu fokus pembaca yang hanya ingin mengetahui isi artikel itu sendiri. Namun jangan khawatir, anda bisa merubahnya sendiri; memperbesar maupun memperkecil tampilannya dapat disesuaikan. Bagaimana caranya? Berikut caranya untuk anda:

1.  Masuk ke akun blogger anda
2. Pilih >> ‘template’ klik >> ‘Sesuaikan’ 
3. Pilih >> ‘lanjutan’ (paling bawah) klik >> ‘Tambahkan CSS’ (paling bawah)
4. Isikan ke kolom kosong script di bawah ini:

.header-outer{
left:-40px;
width:1000px;
height:120px;
bottom:10px;
}


Apabila terlalu besar atau kecil anda bisa mengatur sendiri dengan merubah angkanya; bisa dikurangi atau ditambah. Nantinya ukuran akan terlihat berubah dengan sendirinya (preview) sebelum disimpan dengan ketentuan sebagai berikut:

Ø  left:-40px; merupakan kode untuk mengatur kerapatan sisi kanan header dengan tampilan layar, silahkan angkanya dirubah-rubah sesuai keinginan Anda dengan mencocokan perubahan preview yang tampak pada halaman desain blogger hingga sudah merasa cocok.
Ø  width:1000px; merupakan kode untuk menyesuaikan panjang header di sisi kanan, silahkan di sesuaikan angkanya menurut selera Anda.
Ø  height:40px; merupakan kode untuk merubah ukuran tinggi header, seperti biasa silahkan di sesuaikan dengan selera Anda.
Ø  bottom:10px; merupakan kode jarak dari bagian bawah, jadi jika angka ini dirubah/diperbesar maka akan ada jarak antara header dengan widget yang ada pada bagian bawah header.
Demikian penjelasan kali ini, semoga membantu anda yang sedang mencari informasi mengenai ukuran tampilan header. terima kasih yang sudah berkunjung.

Leave a Reply