Saturday, February 22, 2020

Awal Saya Mengenal Blog dan Tips untuk Pemula


Awal Mula Mengenal Blog


Pertama kali saya mengenal blog itu sekitar akhir 2016, waktu itu iseng aja sih. Mengisi kekosongan waktu munculah ide untuk bagaimana kita bisa membagikan pengalaman sendiri ke orang lain yang mungkin saja bisa bermanfaat dan dibaca oleh para pencari informasi di google.

Mualilah cari tahu mencari di google. Dari situlah mengenal blog dan mencoba menulis lewat blog. Blog yang saya gunakanpun menggunakan blogspot karena memang cukup popular dan itulah yang saya tau saat itu di banding wordpress.

Menulis di blogpun masih awam dalam arti tidak memperhatikan ejaan maupun diksi, dan yang lainnya, ya.. namanya juga pemula alias newbie, hehe. Masih inget pada waktu artikel pertama kali yaitu “18 Daftar Rekomendasi Film (2015) yang Kurang Populer Tapi Seru”.

Mengapa saya menulis artikel itu? Karena pada waktu itu saya sering banget nonton film terutama film action untuk mengisi kekosongan waktu yang pada saat itu memang kuliah saya sudah mulai menyusun skripsi, hehe. Ke kampus cuma baca buku, nyari referensi sama bimbingan, sesekali paling nongkrong hehe. Nah saking semangatnya ingin berbagi sampai saya urutkan film yang memang kurang begitu popular ya pada saat itu yang memang cukup seru.

Mulai Serius di Blog

Memasuki awal 2017 mulai melupakan blog sampai pada tahun 2019 awal mulai ingin kembali menulis artikel yang ingin dibagikan. Sampai sampai lupa nama akun gmail yang saya pakai karena memang saya sendiri punya beberapa akun. Tapi alhamdulillah bisa meski beberapa kali coba, hehe. Bisa dikatakan saya vakum dalam menulis artikel di blog sekitar 2 tahun.

Sedikit cerita juga blog saya dulu namanya Denzberbagi.blogspot.com. Karena saya rasa nama blognya agak bisa dibilang alay gitu, saya ganti menjadi nama saya dendiberbagi.blogspot.com. Sialnya pas beberapa jam ganti nama blog, saya coba mencari blog di pencarian google langsung ga ada apa apanya alias kosong/zonk. Nama blognya sih masih ada, namun tidak ada isi apapun. Dan saya searching nama blog baru di mesin pencarian google pun tidak ada (ya kali ada, orang baru aja ganti nama, google pun harus mendeteksi dulu blog baru, begitulah gumam saya waktu itu setelah baca baca mengenai ganti nama blog). Eh jadi panjang cerita yang ininya, maaf ya hehe.

Lanjut, di tahun awal saya mulai ingin serius di blog walaupun masih di blog gratisan. Ya mulai belajar dulu dari blog gratisan, yang kata para blogger sih bagi pemula disarankan untuk mulai dari blog gratisan dulu. Mengapa saya mulai serius ngeblog di tahun 2019?

Jujur saja saya akhir tahun 2018 tepatnya bulan desember 2018 saya mulai berhenti (resign) dari kerjaan karena alasan tertentu. Mulailah saya kembali mencoba mengaktifkan memori dan berfikir sekaligus banyak membaca tentang ngeblog yang baik dan benar. Mulai dari mempercantik tampilan blog, pemilihan template dan mengelompokan artikel sesuai dengan tema yang ada di bar.

Sebelum dapat kerjaan baru, mulai saya coba aktif lagi nulis di blog sambil mengurus bisnis saya jualan kemeja, qurta, koko dan kaos di instagram. Untuk info lebih lanjut yang ingin jadi reseller/dropshipper silahkan baca juga https://dendiberbagi.blogspot.com/2019/12/cara-mudah-mendapatkanuang-dengan.html

Lanjut, mulailah terfikir bisakah mendapatkan uang dari ngeblog? Saya mulai cari-cari lagi informasi di google. Ternyata banyak yang sudah membuktikan walaupun hanya blog gratisan alias masih menggunakan blogspot. Mulailah termotivasi salah satunya dengan menulis artikel hasil tulisan sendiri, tidak copas alias copy paste. Saya ingin bisa membuktikan membuat artikel yang berkualitas.
Untuk ceritanya nanti disambung lagi ya guys, soalnya belum nyoba adsense, hehe.

Tips bagi pemula yang ingin serius ngeblog dari saya:
         
    1. Tentukan nama blog yang sesuai dengan passion anda atau menggunakan nama anda sendiri                kalau sekedar untuk berbagi pengalaman, seperti nama blog saya ini dendiberbagi.blogspot.com.

    2.  Mulai saja dulu, apapun itu harus kita mencoba adapun salah atau ada kekurangan disitulah kita           mulai belajar dan mengambil hikmah. 

    3.   Tentukan niche blog, sudah banyak yang ngebahas tentang niche blog ini. Singkatnya tentukan            tema apa yang ingin bagikan di blog. Seperti blog tentang teknlogi, kesehatan, pendidikan,                  politik dst. Tidak disarankan untuk tidak membuat artikel yang gado-gado.

    4.  Mulai percantik tampilan dengan menentukan template yang cukup bagus, warna, font, size                 yang sesuai mulai dari teks dan tampilan. Saya kira sudah yang bahas tentang hal ini, silahkan             googling aja ya guys, hehe.

    5.  Jangan mengubah nama blog, mengapa? Karena itu akan berpengarh terhadap traffic                           pengunjung blog anda.

  
Itulah tips bagi pemula banget sebelum ke tahap yang lainnya seperti adsense, seo dan yang lainnya. Sekian dulu artikel ini semoga bermanfaat dan terima kasih bagi yang sudah berkunjung.

Leave a Reply