Sunday, January 19, 2020

Tugas Customer Advisory (CS/Teller) di Bank Swasta Beserta Kualifikasi yang Dibutuhkan


Bagi sebagian orang kerja di sebuah Bank menjadi sebuah impian. Selain gaji yang ditawarkan cukup menjanjikan juga jam kerja yang teratur. Namun dibalik semua itu sesuai dengan tugas yang dibebankan kepada pegawainya. Kali ini saya akan bagikan tugas dari Customer advisory di bank swasta khususnya Bank OCBC NISP beserta kualifikasi yang dibutuhkan.

Tugas Customer Advisory (CS/Teller)

Setidaknya terdapat 13 tugas seorang Customer advisory. Berikut ini tugasnya:

  • Memberikan layanan perbankan yang berkualitas pada nasabah mengenai produk dan jasa Bank termasuk menawarkan produk dan jasa (Cross-cell) yang sesuai dengan kebutuhan nasabah berdasarkan standar layanan yang telah ditetapkan dan sejalan dengan value perusahaan “Customer focus”
  • Melayani pembukaan dan penutupan rekening nasabah, sesuai dengan kebijakan internak dan eksternal yang berlaku.
  • Melakukan screening dan proses Know your Customers atas calon nasabah, saat proses pembukaan rekening.
  • Menerima, menangani dan menyelesaikan serta menindaklanjuti kebutuhan, keluhan dan masukan dari nasabah (Compliant Handling Management). 
  • Melayani nasabah dalam hal transaksi tunai diantaranya penyetoran dana, penerimaan pajak, dana pinjaman dalam mata uang rupiah dan/atau valas.
  • Bertanggung jawab terhadap kesesuaian antara jumlah kas di system dengan jumlah fisik kas yang ada pada Kas Kecil (petty cash) yang dihandlenya.
  • Termasuk bertanggung jawab atas kesesuaian jumlah Kartu ATM beserta PIN ATM, jumlah materai di kantor cabang dengan jumlah pemakaian. 
  • Melakukan verifikasi untuk memastikan terjaganya kebenaran, keabsahan, kelengkapan dan pengkinian data Nasabah yang diinput, sesuai dengan kebijakan internal dan eksternal yang berlaku.
  • Mendengarkan secara aktif dan menggali kebutuhan nasabah, memeberikan informasi, serta memeberikan advice terkait produk yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.
  • Melayani nasabah dalam hal non tunai diantaranya penyetoran untuk kliring, inkaso rupiah dan valas, transfer dalam mata uang rupiah dan valas, pemindahbukuan kartu ATM, Bank Draft, pembukuan Customer Safe Deposit Box dan permintaan surat Reference Bank, permintaan cek/bilyet giro termasuk mengatur persediaannya.
  • Melakukan handling Statement Account (Rekening Koran), secara komprehensif sesuai dengan ketentuan yang berlak. 
  • Mekukan proses administrasi secara komprehensif atas transaksi tunai dan non tunai yang dilakukan. 
  • Membuat laporan akhir hari atas layanan transaksi perbankan yang dilakukan.

Kualifikasi yang Dibutuhkan
  • Usia  minimal 22-27 tahun 
  • Pendidikan S1 semua jurusan (sudah lulus)
  • Pengalaman kerja di Bank (Non-BPR) sebagai Teller minimal 1 tahun dan Customer Service 1 tahun.
  • Good Communication Skill and Good Appearance (Kemampuan Komunikasi baik dan Penampilan menarik).

Demikian informasi yang dapat dibagikan semoga bermanfaat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi websitenya http://www.ocbcnisp.com  



Leave a Reply