Shutterstock.com
Dengan mudahnya akses
internet dan merebaknya jual beli online di berbagai platform media sosial, marketplace ataupun e-commerce maka semakin banyak pula orang yang ingin membeli produk melalui online.
Namun, di saat barang yang
di pesan lewat online ingin cepat dipakai dalam 1-2 hari ke depan tentu
membutuhkan jasa expedisi yang dipercaya dapat mengantarkan paket dengan tepat
waktu. Akan tetapi seringkali pengirim sering memperhatikan hal sepele yang
membuat paket kiriman tidak sampai tepat waktu. Padahal hal itu sangatlah
penting!
Poin apa saja itu?
Berikut simak ulasannya.
1. Pastikan isi data diri yang jelas dan
lengkap
Menuliskan data yang
jelas dan lengkap di paket yang ingin dikirimkan menjadi sebuah keharusan bila
ingin cepat sampai.
Isikan data yang lengkap orang
yang akan menerima barang mulai dari nama lengkap sekaligus nama panggilan (bila
ada), namun tidak harus serta no telp/whatsapp yang aktif. Hal ini memudahkan
kurir dengan langsung menanyakan kepada orang sekitar alamat yang dituju. Bila
penerima sedang tidak ada di lokasi nantinya kurir akan menelpon si penerima
barang.
Selanjutnya isikan alamat
yang lengkap mulai dari nama jalan dan nomor jalan, nomor rumah, RT/RW,
kecamatan/kelurahan, kabupaten/kota dan provinsi. Selain itu, anda juga bisa
menyertakan patokan rumah kalau sekiranya posisi rumah anda agak menjorok ke
gang atau ke pemukiman padat penduduk sertakan juga kode pos.
Setelah data diri
penerima isikan data lengkap pengirim barang. Biasanya cukup dengan menuliskan
nama pengirim dan no telp. Nantinya bila kurir ada kendala dalam menyampaikan
barang ke tempat penerima maka akan menelpon pengirim untuk kepastian status
paket lebih lanjut.
2. Pastikan waktu pengiriman barang
Waktu pengiriman barang
menjadi hal yang juga sangat penting bila ingin paket anda segera sampai. Waktu
yang disarankan pengiriman barang bila ingin cepat sampai adalah mengirimkan
barang ke expedisi sebelum jam 2 siang. Karena pada dasarnya setiap expedisi
punya batas waktu (cut off time).
Hal ini dikarenakan barang
yang dikirimkan sebelum jam 2 siang akan langsung dibawa ke gudang expedisi
pusat untuk diteruskan pengirimannya hari itu juga baik luar kota maupun luar
pulau sehingga barang sudah diangkut ke tempat tujuan pada malam harinya dan
pada keesokan harinya barang sudah sampai di gudang expedisi tujuan untuk
diteruskan ke tempat tujuan.
3. Pastikan hari dan kondisi
Ini juga menjadi faktor
penting dalam menentukan cepat atau tidaknya pengiriman barang. Usahakan jangan
kirim barang pada saat hari minggu dan tanggal merah, hal ini dikarenakan tidak
sedikit kurir off alias libur pengiriman pada hari libur atau hari minggu
sehingga barang akan tertahan di gudang. Akan tetapi tidak semua seperti
demikian, untuk lebih jelas silahkan anda bisa lihat jadwal pengiriman tiap
jasa pengiriman/ekspedisi.
Hal lain adalah kondisi tempat tujuan pengiriman
barang. Walaupun banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini namun ini
dirasa cukup penting karena bisa menghambat pengiriman barang. Kondisi yang
akan menghambat pengiriman barang di tempat tujuan seperti bencana alam atau
konflik dsb.
4. Pastikan pilih expedisi yang
menjangkau sampai ke daerah
Kenapa demikian? Karena
semakin banyak agen expedisi di kota sampai ke kabupaten bahkan sampai ke
pelosok maka semakin cepat pula pengirimannya dan paket dapat tertangani dengan
baik.
Demikian penjelasan kali
ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kesalahan, apabila ada yang kurang
atau mau menambahkan silahkan tulis di komentar.