Sunday, December 15, 2019

4 Poin Penting Bila Ingin Paket Pengiriman Barang Anda Cepat Sampai



                                                                    Shutterstock.com


Dengan mudahnya akses internet dan merebaknya jual beli online di berbagai platform media sosial, marketplace ataupun e-commerce maka semakin banyak pula orang yang ingin membeli produk melalui online.

Namun, di saat barang yang di pesan lewat online ingin cepat dipakai dalam 1-2 hari ke depan tentu membutuhkan jasa expedisi yang dipercaya dapat mengantarkan paket dengan tepat waktu. Akan tetapi seringkali pengirim sering memperhatikan hal sepele yang membuat paket kiriman tidak sampai tepat waktu. Padahal hal itu sangatlah penting!

Poin apa saja itu? Berikut simak ulasannya.

1.      Pastikan isi data diri yang jelas dan lengkap

Menuliskan data yang jelas dan lengkap di paket yang ingin dikirimkan menjadi sebuah keharusan bila ingin cepat sampai.

Isikan data yang lengkap orang yang akan menerima barang mulai dari nama lengkap sekaligus nama panggilan (bila ada), namun tidak harus serta no telp/whatsapp yang aktif. Hal ini memudahkan kurir dengan langsung menanyakan kepada orang sekitar alamat yang dituju. Bila penerima sedang tidak ada di lokasi nantinya kurir akan menelpon si penerima barang.

Selanjutnya isikan alamat yang lengkap mulai dari nama jalan dan nomor jalan, nomor rumah, RT/RW, kecamatan/kelurahan, kabupaten/kota dan provinsi. Selain itu, anda juga bisa menyertakan patokan rumah kalau sekiranya posisi rumah anda agak menjorok ke gang atau ke pemukiman padat penduduk sertakan juga kode pos.

Setelah data diri penerima isikan data lengkap pengirim barang. Biasanya cukup dengan menuliskan nama pengirim dan no telp. Nantinya bila kurir ada kendala dalam menyampaikan barang ke tempat penerima maka akan menelpon pengirim untuk kepastian status paket lebih lanjut.

2.      Pastikan waktu pengiriman barang

Waktu pengiriman barang menjadi hal yang juga sangat penting bila ingin paket anda segera sampai. Waktu yang disarankan pengiriman barang bila ingin cepat sampai adalah mengirimkan barang ke expedisi sebelum jam 2 siang. Karena pada dasarnya setiap expedisi punya batas waktu (cut off time).

Hal ini dikarenakan barang yang dikirimkan sebelum jam 2 siang akan langsung dibawa ke gudang expedisi pusat untuk diteruskan pengirimannya hari itu juga baik luar kota maupun luar pulau sehingga barang sudah diangkut ke tempat tujuan pada malam harinya dan pada keesokan harinya barang sudah sampai di gudang expedisi tujuan untuk diteruskan ke tempat tujuan.

3.      Pastikan hari dan kondisi

Ini juga menjadi faktor penting dalam menentukan cepat atau tidaknya pengiriman barang. Usahakan jangan kirim barang pada saat hari minggu dan tanggal merah, hal ini dikarenakan tidak sedikit kurir off alias libur pengiriman pada hari libur atau hari minggu sehingga barang akan tertahan di gudang. Akan tetapi tidak semua seperti demikian, untuk lebih jelas silahkan anda bisa lihat jadwal pengiriman tiap jasa pengiriman/ekspedisi. 

Hal lain adalah kondisi tempat tujuan pengiriman barang. Walaupun banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini namun ini dirasa cukup penting karena bisa menghambat pengiriman barang. Kondisi yang akan menghambat pengiriman barang di tempat tujuan seperti bencana alam atau konflik dsb.

4.      Pastikan pilih expedisi yang menjangkau sampai ke daerah

Kenapa demikian? Karena semakin banyak agen expedisi di kota sampai ke kabupaten bahkan sampai ke pelosok maka semakin cepat pula pengirimannya dan paket dapat tertangani dengan baik.

Demikian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kesalahan, apabila ada yang kurang atau mau menambahkan silahkan tulis di komentar.

Leave a Reply